Magisk Atau SuperSu ? Lebih Unggul Mana Ya ?

Magisk Atau Supersu ? Lebih unggul Mana Ya ?  - Mungkin sudah tidak asing lagi bagi yang suka ngoprek hp apa itu SuperSu dan Magisk.

● MAGISK ATAU SUPERSU ?

SuperSu telah keluar sejak bertahun-tahun, dan Magisk baru dibandingkan dengan SuperSu. Sekarang keduanya akan membuat perangkat Anda di-root. tetapi masing-masing memiliki cara kerja yang berbeda.

SuperSu
me-root perangkat dengan sepenuhnya mengubah beberapa file sistem dan bahkan menambahkan file ke partisi sistem, ini menonaktifkan semua jenis pemeriksaan keamanan seperti SafetyNet Status dan Enkripsi Paksa, karena aplikasi perbankan, dan aplikasi seperti Android Pay dan Netflix tidak akan berfungsi pada perangkat Anda.

Magisk
di sisi lain membuat Anda tertutupi semua kontra yang dimiliki SuperSu. Itu hanya memodifikasi gambar boot ke gambar magisk (boot.img ke magisk.img) dan tidak menambahkan file tambahan ke sistem dan partisi. Ini disebut root tanpa sistem. Ini tidak hanya membantu menjaga Status SafetyNet tetapi juga enkripsi paksa dapat ditegakkan menggunakan aplikasi Magisk Manager. Magisk juga memiliki opsi untuk menyembunyikan root dari aplikasi tertentu sehingga Anda dapat menggunakan perbankan, Netflix, dan aplikasi lain bahkan pada perangkat yang di-root.

Oke , Biarkan saya menjelaskan sedikit disini.

Dimulai dengan partisi Sistem, penyimpanan internal perangkat android Anda dibagi atau dengan kata lain dipartisi menjadi seperti bagian yang berbeda

 / boot
/sistem
/pemulihan
/kartu SD
/ misc
/ cache dll.

Setiap partisi memiliki perannya sendiri, dan cukup jelas. Seperti partisi / boot  ramdisk dan kernel tanpa perangkat tidak mau boot sama sekali. Partisi pemulihan memiliki ruang untuk perangkat memiliki pemulihan sendiri atau lanjutan. pemulihan sistem mengandung Sistem operasi itu sendiri.

Memodifikasi partisi, yang dilakukan oleh SuperSu menyebabkan Pemeriksaan SafetyNet gagal.

Apa itu SafetyNet?

API SafetyNet
dirancang untuk memeriksa apakah suatu perangkat telah dirusak - apakah itu telah di-rooting oleh pengguna, sedang menjalankan custom ROM, atau telah terinfeksi dengan malware tingkat rendah, misalnya.

Perangkat yang dikirimkan dengan Google Play Store dan aplikasi lain yang diinstal harus lulus Android Android "Compatibility Test Suite". Melakukan rooting suatu perangkat atau memasang ROM khusus mencegah perangkat menjadi "Kompatibel CTS". Ini adalah bagaimana SafetyNet API dapat mengetahui apakah Anda di-rooting, itu hanya memeriksa kompatibilitas CTS. Demikian pula, jika Anda mendapatkan perangkat Android yang tidak pernah datang dengan aplikasi Google seperti perangkat Cina yang tidak bermerek murah itu, mereka tidak akan dianggap sebagai CTS yang kompatibel meskipun Anda tidak mencoba melakukan root pada perangkat Anda.

Untuk mendapatkan informasi ini, Google Play Services mengunduh sebuah program bernama "snet" dan menjalankannya di latar belakang di perangkat Anda.

Program ini mengumpulkan data dari perangkat Anda dan mengirimkannya ke Google secara teratur.

Google menggunakan informasi ini untuk berbagai keperluan, mulai dari mendapatkan gambaran ekosistem Android yang lebih luas hingga menentukan apakah perangkat lunak perangkat Anda telah dirusak.

Google tidak menjelaskan dengan tepat apa yang snet cari, tetapi kemungkinan snet akan memeriksa apakah partisi sistem Anda telah dimodifikasi dari kondisi pabrik.

inshort, menyebabkan SafetyNet API gagal berarti melanggar norma-norma Keamanan Google sehingga Anda akan dilarang menggunakan beberapa aplikasi yang memeriksa Status SafetyNet.

Di sinilah Magisk memiliki keuntungan terbesar. Karena Magisk tidak memodifikasi sistem dan memiliki root tanpa sistem?

 Ini artinya Magisk Anda dapat mempertahankan status SafetyNet dan masih dapat menggunakan aplikasi yang memeriksa Status SafetyNet.

Meskipun SuperSu telah memperbarui dirinya dari waktu ke waktu dan memiliki opsi untuk menyembunyikan root dari aplikasi tertentu, tetap saja SafetyNet adalah tanda tanya besar untuk SuperSu karena masih memodifikasi sistem untuk rooting. Jadi sekarang Anda mungkin tahu perbedaan  Magisk lebih dari SuperSu.

Keuntungan Magisk dibandingkan dengan SuperSu
Magisk memiliki pustaka modul yang dikelola oleh pengembang keren , modul ini mirip dengan Modul Xposed, namun modul Magisk tidak kompatibel dengan modul Xposed, yang berarti bahwa Anda tidak dapat xposed modul di magisk. Dan jika Anda benar-benar sangat membutuhkan Modul Xposed, perpustakaan Magisk telah berkembang sangat banyak sehingga Anda akan menemukan modul serupa di Magisk yang melakukan pekerjaan yang sama.

Sekarang Anda tidak harus menggunakan kerangka kerja Xposed dengan Magisk.

 Inti dari Magisk adalah untuk mencegah modifikasi sistem dan mempertahankan Status SafetyNet, dan Xposed Framework memodifikasi sistem, sehingga gagal memeriksa Status SafetyNet.

Baik Google telah bagus dalam memperbarui API SafetyNet dan bahkan telah memblokir penggunaannya bahkan setelah root tanpa sistem. Tetapi pengembang  di Magisk  selalu bekerja untuk memperbarui Magisk dan untuk melewati SafteyNet setelah root tanpa sistem.

itu saja untuk penjelasan Magisk dan SuperSu kalian bisa menyimpulkan Magisk  sudah ada hide root / menyembunyikan akses root.

Note : Tidak ada kata unggul setiap aplikasi memiliki kekurangan dan kelebihan nya masing-masing.

Sekian Dari Saya , Semoga Bermanfaat


Related Posts

4 comments

Post a Comment