Perbedaan e-Sim Dan Sim Card Yang Harus Kamu Ketahui ?

Perbedaan e-Sim Dan Sim Yang harus Kamu Ketahui ? Apa sih e-Sim itu  ? e-SIM  (Embedded Subscriber Identity Module) adalah sebuah teknologi di mana kita bisa bebas berganti provider semau kita, tanpa harus mengganti Sim Card tersebut.

 Selama ini kita masih sering sekali bergonta ganti Sim Card . aktivitas seperti itu tidak akan terjadi lagi bila kita telah menggunakan Sim Card khusus ini (e-Sim).

e-SIM sebenarnya adalah sebuah nama standard, yang sedang dipromosikan oleh GSMA (GSM Association ) untuk diterapkan oleh seluruh penyedia layanan telekomunikasi di seluruh dunia.

e-SIM ini nantinya akan menjadi seperti baterai tanam yang tidak akan bisa dilepaskan dari perangkat smartphone.

Apa itu Sim ?
SIM  ( Subscriber identity Module ) kartu berukuran kecil yang ditaruh pada slot smartphone kita pada umumnya, kartu sim ada yang terbaca sebagai GSM atau CDMA, yang sudah mendukung jaringan mulai dari GPRS, EDGE ( 2G ), 3G, HSDPA, HSUPA, HSPA, HSPA+, EV-DO, dan 4G/LTE.

smartphone sekarang sudah tidak memakai sim tray lagi maka kartu model sim ini sudah sangat jarang dipakai, sehingga model kartu SIM dibagi menjadi 2 , yaitu micro dan nano.

Berikut ini perbedaan nya e-Sim Dan Sim.

e-Sim.
Pengguna tidak perlu membeli kartu sim card, anda cukup mengaktifkan eSIM lewat pengaturan/setelan.

Dapat menghubungkan banyak perangkat, kita tidak memerlukan fitur Wifi Hotspot untuk menjelajahi internet, dan akan semakin banyak pengguna eSIM.

Sangat cocok untuk orang yang suka jalan-jalan ke luar negeri dikarenakan dengan memakai eSIM ini anda tidak perlu khawatir soal biaya internet roaming dikarenakan eSIM ini sudah suppot semua operator.

Dan Harga yang relatif lebih murah.

eSIM ini sangat susah sekali untuk kamu yang hobi mengganti nomor, kamu tetap dapat mengubah nomor dengan cara menghubungi layanan data operator untuk meminta data-data aktivasi.

eSIM ini belum ada satupun operator yang mendukung di negera indonesia.
Tidak dapat dilepas di perangkat

Sim.
Pengguna akan lebih bebas dalam mengganti nomor, jika nomor kita kadaluarsa atau keblokir , kita tinggal membeli kartu sim yang baru harganya relatif murah sekitar 5 ribu dan itu banyak yang jual di luar sana.

Harga paket internet yang cukup terjangkau dikalangan para anak sekolah, dan Dapat dilepas di perangkat.

Banyak para pengguna yang menggunakan kartu SIM untuk kasus penipuan seperti " selamat anda mendapatkan hadiah mobil " dan sebagainya.

Kurang Cocok Untuk Intenet Roaming bagi kalian yang suka bepergian atau jalan2 ke luar negeri.

CMIIW ^_^

Nah itu saja perbedaan e-Sim dan Sim tinggal kita menunggu kapan akan suport di semua smartphone dan tentunya di negara tercinta kita ini yaitu indonesia.

Sekian dari saya Semoga Bermanfaat.


Related Posts

2 comments

  1. kegunaan esim sendri apa saja ya min?

    ReplyDelete
  2. esim itu sama ajah gan sama sim card beda nya esim dia tertanam di dalam hp sama kaya batrei tanam

    ReplyDelete

Post a Comment