-->

Berbagai Macam Jenis Dan Fungsi Sensor Pada Smartphone Android


Akknzo -  Saat ini semakin banyak teknologi yang dibenamkan pada perangkat berbasis Smartphone Android.

Namun tidak sedikit dari pengguna nya yang kurang mengetahui fungsi dari teknologi yang disematkan pada perangkat yang mereka gunakan.

Salah satunya yaitu teknologi sensor. sensor di android sendiri banyak jenis nya dan fungsi nya berbeda beda.

Semakin banyak teknologi sensor yang di tanamkan, maka makin mahal pula harga perangkat tersebut..

Berikut Ini Jenis Sensor Dan fungsinya pada Smartphone Android.

1. Sensor Proximity 
Proximity ini berfungsi untuk mendeteksi keberadaan suatu objek disekitar tempat kita, sensor ini berperan ketika ada panggilan masuk, sensor ini terletak didepan layar smartphone bersebelah dengan kamera depan atau bersebelah dengan audio jack 3,55 mm, sensor proximity ini sudah banyak dipakai di smartphone kelas menengah dan bawah.

2. Sensor Orientation
Sensor ini berfungsi untuk mengatur layar smartphone kita menjadi landscape atau portrait, sensor ini sangatlah penting dikarenakan jika tidak ada sensor ini kita tidak dapat bermain game, menonton video fullscreen dan sebagainya. 

3. Ambient Light Sensor
Berfungsi untuk mendeteksi intensitas cahaya, perubahan brightness/kecerahan layar menjadi otomatis atau manual, dengan adanya sensor ini kita tetap dapat memainkan smartphone  dalam keadaan terik matahari dikarenakan sensor tersebut akan menyesuaikan kondisi cahaya di sekitar ruangan.

4. Sensor Magnetometer
Sesuai namanya " Magnet ", Sensor ini berfungsi mendeteksi adanya medan magnet di sekitar kita, dengan sensor ini kalian jadi bisa mengetahui benda manakah yang memancarkan medan magnet kuat.

5. Sensor Temperatur
Sensor ini berfungsi mengukur suhu pada smartphone  apakah panas atau tidak ?, Biasanya panas dalam ponsel diakibatkan terlalu banyak memakai hp untuk bermain game misalnya. Saran dari saya jangan sampai hp terlalu panas berlebihan / overheat karena baterai smartphone  akan cepat bocor atau kembung.

6. Sensor Gyroscope
Gyroscope ini berfungsi untuk mendeteksi kemiringan dan kecepatan sudut yang sangat diperlukan dalam navigasi, sensor ini sekilas agak mirip dengan sensor accelerometer namun bedanya sensor gyro ini tidak dipengaruhi gaya gravitasi sedangkan accelerometer dipengaruhi gaya gravitasi.

7. Sensor Accelerometer
Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi ketepatan arah pada smartphone, sensor ini sangat berguna ketika  sedang bermain game mobil balap seperti asphalt, real racing, dan sebagainya.

8. Sensor Pressure
ini adalah sensor tekanan pada android  jadi bisa dibawa kedalam air biasanya sensor pressure ini bisa dibawa hanya sampai kedalaman sekitar 1,5 meter, sensor ini digunakan pada hp hp kelas atas misalnya samsung galaxy Note 8, Sony xperia Z5, dan sebagainya.

9. Fingerprint Sensor
Fingerprint sensor berfungsi untuk alat pada keamanan smartphone  agar tidak mudah dibuka oleh orang lain,  cukup menempelkan jari kalian pada fingerprint scanner ( Biasanya fingerprint terletak dibelakang atau ditombol home ) maka otomatis hp  akan terkunci, untuk membukanya sama aja  hanya perlu menempelkan jari kita lagi dengan syarat jari pada tangan dalam keadaan kering, jika basah sedikit maka sensor ini tidak akan bekerja.

10. Sensor face unlock
Sensor ini termasuk sensor yang sedang trending dikarenakan sensor ini sudah banyak dipakai pada smartphone kelas menengah maupun kelas atas untuk fungsinya sensor ini dapat mendeteksi wajah kita maka dengan otomatis smartphone ini akan mengenali wajah si pemilik, sensor ini sangat berguna untuk menjaga privasi si pemilik.

11. Sensor Gesture 
Berfungsi untuk mengenai gerakan tangan saat layar hp dalam keadaan mati sementara, pada sensor ini anda juga dapat melakukan scrooling lainnya misalnya dengan membuat huruf M pada layar smartphone maka akan terbuka aplikasi musik.

12. Sensor Heart Rate
Sensor ini hanya tersedia di smartphone samsung galaxy S5 dan samsung galaxy note 4, Sensor ini berfungsi untuk memantau kesehatan si pengguna. Penggunaan nya pun cukup mudah kita hanya perlu meletakan smartphone tepat pada detak jantungmu yang berbunyi, Sensor ini didukung dengan aplikasi S-health.

13. Sensor Hall
Sensor ini hanya bekerja ketika smartphone  menggunakan flipcover sebagai softcasenya, bila cover tertutup maka otomatis layar smartphone  akan mati dan juga sebaliknya jika cover dibuka layar smartphone kita akan tetap menyala.

14. 3D Touch Sensor
3D Touch Sensor atau nama lainnya Force Touch Sensor itu buat ngedeteksi sekuat apa kita nekan layarnya nah sensor ini ada pada smartphone  apple watch sama iphone 6s / iphone 6s plus.

15. Iris Scanner Sensor
Iris atau Retina Scanner itu menggunakan teknologi Biometric yg fungsinya untuk ngedeteksi selaput mata kita. 

Itulah beberapa jenis sensor beserta fungsinya , Jika ada jenis sensor yang tidak saya sebutkan silahkan diskusikan di kolom komentar.

Related Posts

Post a Comment